Legenda Namboru Nantinjo Dan Namboru Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul Biding Laut

KATA PENGANTAR

pantai selatanPuji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan perkenan-Nya lah buku ini bisa dikeluarkan dan diterbitkan. Sebagai Salah satu usaha untuk melestarian Budaya Warisan dari leluhur Bangsa, Budaya Nasional Bangsa yang mengandung nilai-nilai universal termasuk kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam bingkai terpeliharanya kerukunan hidup bermasyarakat dan membangun peradaban bangsa yang semuanya sebagai ciptaan Sang Khalik, Tuhan Yang Maha Esa.

Penulis melihat dan mengacu pada UUD 1945 setelah Amademen keempat tahun 2002 dan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN dan TAP MPR No. IV/MPRlI999 pada pasal 18 ayat 2), Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia dihormatiselaras dengan perkembangan zaman dan peradaban.

Maka penulis menganggap bahwa buku yang berjudul “LEGENDA NAMBORU NANTINJO & NAMBORU KANJENG RATU NYI RORO KlDUL BIDING LAUT” merupakan suatu bentuk melestarikan cerita budaya leluhur agar generasi berikutnya tidak kehilangan akan adanya kepastian cerita yang sebenarnya.

Baca Juga : Pusuk Buhit Bukit Berhala Batak

Cerita dan isi dibuat atas saran dan pengungkapan langsung dan ilham dan sang mediator yang bisa berhadapan langsung dengan arwah leluhur kita itu. Kisah nyata cerita perjalanan yang masih ada sampai sekarang, dan peninggalannya masih sering diziarahi khalayak banyak.

Di akhir kata pengantar ini, penulis memohon maaf jikalau ada kesalahan cerita dan kekurangan, kami bersedia untuk memperbaiki danmenjilid buku berikutnya ke arah yang lebih sempurna.

Bandung, September 2004

TIM PENYUSUN

Halaman     1     2    3    4    5    6    7

1 comments on “Legenda Namboru Nantinjo Dan Namboru Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul Biding Laut

  1. syukurlah jika memang benar kisahnya, saya merasa bangga ternyata kisah sebenarnya telah di publikasikan selama ini saya kira hanya segelintir orang saja yang tahu kisah asal usul nyai roro kidul. dengan segala hormat saya ucapkan terima kasih atas usaha yang telah dilakukan oleh team, dulu juga saya punya niat untuk melakukan hal yang sama tetapi berhubung mungkin bukan jalurnya saya, yaa… tdk apa-apa. saya cuma bisa bilang SALAM HORMAT SAYA KEPADA SEMUA LELUHUR BATAK, Tanpa mengurangi rasa hormat saya terhadap suku lainnya, sebab sebelumnya saya sudah mengetahui asul-usul nyai roro kidul dari guru SPIRITUL saya yg bersuku JAWA CAMPURAN LOMBOK, juga yg bersuku SUNDA. HOOORRAAASSSS

Tinggalkan komentar